Copyright (c) Emperan Kata (2012-2020). Diberdayakan oleh Blogger.

07 Juli 2014

Games Dos dengan DOSBox di Windows 8/8.1


Kangen. Itulah sebuah kata yang mungkin saja punya kesan manis bagi sebagian orang. Di antara sebagian orang itu saya salah satunya yang punyai kesan manis dengan kata itu. Tiba-tiba saja makna tersirat “kangen” muncul belakangan ini, manakala saya selalu berkutat dengan komputer dalam keseharian. Di sela-sela asyik berselancar, baca sana-sini, oprek sana-sini tak sengaja suatu saat terdampar di web/situs yang banyak menyediakan games gratis untuk didownload. Naluri saya mulai mencium gelagat yang tiba-tiba menggeliat untuk segera “menyatroni”.
Dan berawal dari sinilah yang tiba-tiba membangkitkan kenangan saya saat perkenalan pertama kali dengan makhluk yang diberi nama kemudian “komputer”.  Games ya gamelah mendorong saya untuk akrab dengan komputer. Maklum saja pada waktu itu komputer masih barang yang mewah, memainkan game (baca games dos) membutuhkan banyak energi ekstra. Semisal: komputer masih numpang-numpang itupun jika siempunya dengan baik hati mengizinkan saya. Wekekkkk….dan etc-lah.

Bagi sahabat Komputer Kita, jika ingin bernostalgia memainkan games dos di PC dengan OS Windows 8 dapat menggunakan emulator games dos, DOSBox misalnya. Mengapa perlu emulator untuk menjalankan games dos di windows 8, alasannya adalah sahabat tidak bisa menjalankan langsung dari OS tersebut. Sebenarnya bukan games saja yang dapat dijalankan dari DOSBox, banyak aplikasi berbasis dos yang dapat dijalankan contohnya: WS dan Lotus 123.

DOSBox adalah sebuah aplikasi seperti MS-DOS, di mana fungsi, suara, grafis, input serta networkingnya menyerupai MS-DOS. Cara menggunakan cukup mudah. Untuk mendownload klik link berikut:


Langkah-langkah menjalankan games dos dengan DOSBox sebagai berikut:
  1. Buat folder di komputer kita, misalnya: C:\dosgames
  2. Ekstrak / copy folder games yg ingin dijalnkab ke folder dosgames. misal: C:\dosgames\prehist2 (Saya ingin memaikan game dos PREHISTORIK2).
  3. Instal aplikasi DOSBox, setelah terinstal tampilannya seperti ini.


Klik gambar untuk memperbesar.

Tampilannya seperti Comman Promt. Selanjutnta sahabat harus mount folder yang akan dimainkan. Ketikan perintah dengan format: Z:\>mount [drive] [folfer game]
Contoh di atas saya akan menjalankan games PREHISTORIK2. Jadi saya memberikan perintah dengan format: Z:\>mount x c:\dosgames
Jika perintah yang kita ketikan benar maka akan muncul konfimasi:
Drive X is mounted as local directory c:\dosgames\
Kemudian kita pindah ke drive x yang kita mount tadi dengan perintah: Z:\>x:   lalu tekan enter. Selanjutnya ketik X:\>dir/w (untuk melihat file-file yang ada pada folder c:\dosgames.

Klik gambar untuk memperbesar.

Ketikan perintah-perintah berikut:
X:\cd prehist2
X:\prehist2/dir/w
X:\prehist2/pre2 exe [pre2 exe adalah file execute untuk memainkan game prehistorik2]






Selamat bermain, semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Popular Post

Statistika Deskriptif | Tutorial Minitab | Oragelo Channel

Total Tayangan Halaman

Follower